- FUN LEARNING
Fun
learning adalah suatu proses belajar yang 100% menyenangkan bagi anak.
Lho kok hanya anak saja, bagaimana dengan ibu gurunya??? Guru adalah
orang dewasa yang harus bertanggung jawab memberikan rasa aman dan
nyaman bagi anak-anak di kelas. Caranya ??? ibu guru diwajibkan untuk
menerapkan 5S ( sambut, senyum, sapa, salam, sebut nama ) selama berada
di lingkungan biMBA-AIUEO.
Mengapa
pembelajaran di kelas harus fun learning? karena tujuan biMBA adalah
menumbuhkan MINAT Baca dan belajar Anak. Untuk membuat anak senang dan
menyukai kegiatan baca dan belajar tidak ada metode lain selain fun
learning. Mengapa demikian? Karena dunia anak adalah dunia bermain,
kegiatan belajar untuk anak usia dini harus bersifat kegiatan yang
menyenangkan dan tidak memaksa, metode pengajarannya pun tidak membebani
anak
Mengajarkan
membaca pada usia dini memang masih menimbulkan perdebatan, apakah
sehat mengajarkan membaca pada anak usia dini ? sebenarnya hal itu
tergantung dari mana melihatnya. Jika anak diharapkan memiliki kemampuan
membaca dengan cara pemaksaan, maka hal itu tidak sehat. Pemaksaan
terhadap anak akan berdampak negatif. Dampak yang paling buruk adalah
menurunkan IQ anak pada usia produktif. Oleh karena itu para guru dan
orangtua yang membimbing anak usia dini seharusnya menjauhkan cara
mengajar yang bersifat pemaksaan.
Metode pengajaran biMBA-AIUEO HARUS 100% MENYENANGKAN, jika tidak menyenangkan berarti BUKAN biMBA.
- SMALL STEP SYSTEM
Small
step system adalah proses belajar yang dilakukan secara bertahap,
dimulai dari yang mudah. Untuk membuat anak senang dan suka belajar,
pemberian materi harus dilakukan secara bertahap sesuai dengan
kemampuan anak. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anak memahami materi
belajar, sehingga tidak membuat anak merasa terbebani dan stress.
biMBA-AIUEO
telah menyusun kurikulum secara bertahap, menggunakan modul yang berisi
potongan tema kecil yang berkesinambungan. Setiap tahap mempunyai
tujuan masing-masing dan tujuan itu harus terpenuhi sebagai syarat untuk
melanjutkan ke tahap selanjutnya yang lebih tinggi.
Konsep
biMBA-AIUEO adalah bermain sambil belajar. Materi belajar diberikan
dalam suasana bermain seperti mengenalkan huruf, angka dan kata dengan
cara berdialog menggunakan bahasa biMBA dan menggunakan sarana lagu
sebagai pengantar. Perlu diketahui bahwa anak usia dini belajar membaca
melalui telinga. Lagu-lagu diperdengarkan sebagai pengenalan awal bagi
anak sebelum anak mengenal simbol huruf atau angka.
- INDIVIDUAL SYSTEM
Untuk
dapat menerapkan small step system tidak dapat dilakukan secara
klasikal harus individual. Individual system adalah proses belajar yang
berpusat pada anak sebagai subjek belajar, sedangkan guru berperan
sebagai motivator dan fasilitator. Maksudnya??? Anak sebagai subjek
belajar berarti kebutuhan dan hak anak benar-benar diperhatikan.
Kebutuhan anak adalah bermain sedangkan belajar adalah HAK anak bukan
KEWAJIBAN. Materi belajar diberikan dalam suasana menyenangkan yaitu
dengan bermain.
Bermain
di biMBA bukan bermain ayunan, perosotan ataupun jungkat-jungkit.
Tetapi kegiatan apapun yang membuat anak senang itulah bermain. Suatu
kegiatan disebut bermain apabila dalam melakukan kegiatan tersebut anak
merasa senang, tidak merasa terpaksa ataupun terbebani.
Guru
sebagai motivator artinya guru selalu memberikan semangat kepada anak
melalui pemberian reward berupa penghargaan ataupun kata-kata positif.
Guru sebagai fasilitator artinya guru memfasilitasi memberikan materi
belajar sesuai kemampuan dan kemauan anak.
Apa
perbedaan klasikal system dengan individual system??? jika klasikal
system semua anak pada saat yang sama mendapatkan materi yang sama. Jika
individual system pada saat yang sama setiap anak mendapatkan materi
yang berbeda sesuai kemampuan dan kemauan anak.
- VARIATION SKILL
Variation
skill adalah kemampuan guru dalam memvariasikan kegiatan belajar di
dalam kelas. Kegiatan di kelas harus memenuhi 3 aspek yaitu : kognitif,
afektif dan psikomotorik. Mengapa harus divariasikan? karena
kecenderungan anak-anak adalah cepat bosan dan jenuh. Anak-anak tidak
bisa dipaksa untuk berkonsentrasi dan duduk manis berlama-lama. Untuk
itu kegiatan yang dilakukan anak harus divariasikan agar mereka tidak
jenuh.
Program Belajar biMBA – AlUEO
Proses
pembelajaran dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan dan
perkembangan anak dengan menggunakan program yang telah kami susun.
Program-program tersebut diterapkan dengan menggunakan modul-modul khusus dan sistem pengajaran berdasar multiple intelegensi.
Tahap 1
- Mulai dari dibacakan cerita , permainan kata-kata sangat sederhana , mengenal huruf a ~ z sampai membaca kata-kata sederhana.
- Mulai dari menyebut satu, dua dan tiga sampai membilang 1 ~ 10
Tahap 2
- Mulai dengan membaca kalimat sederhana sampai dengan membaca dan mengerti cerita sederhana.
- Mulai dari menjumlahkan 1+1 sampai dengan menjumlah 10+10
Tahap 3
- Anak mampu menulis kata-kata sederhana melalui dikte yang diberikan.
- Mulai dari pengurangan 2-1 sampai dengan 20-1
Tahap 4
- Anak mampu menulis kalimat sederhana sampai membuat karangan pendek.
- Logika matematika yaitu dengan menggunakan angka-angka anak diperkuat kemampuan analisa dan sintesanya.